rss
twitter
    Dapatkan Info Tentang Jawai, Follow Saya Ya
Abiepink WoloePitoe
-

8.23.2011

Nikmatnya Sotong Pangkong Pontianak



Deretan gerobak tertata rapi di kanan dan kiri bahu jalan. Kalau dihitung jumlah gerobak tersebut mencapai 50-an buah, mulai dari depan Wisma Rahayu sampai simpang Gertak Tiga.

Jalan Merdeka Kota Pontianak, Kalimantan Barat memang akan tampak sangat meriah kala tiba bulan Ramadan. Bulan suci ini juga selalu memberikan berkah pada padagang dadakan selama satu bulan.

Kemeriahan dan Keramaian ini muncul karena Pedagang musiman menjajakan panganan khas Kota Khatulistiwa. Panganan yang memang sangat mudah dijumpai kala bulan Ramadan.

Sotong Pangkong. Kalau orang di luar Kalbar, mungkin mendengarnya akan tertawa, tersenyum malu atau malah kebingungan. Sekilas mendengar namanya cukup sadis dan kejam. Tapi seperti kata pepatah Don't judge a book with the cover.

Keunikan namanya inilah yang memang hanya bisa di temukan di Kota Seribu Sungai ini. Sejak beberapa tahun terakhir, geliat bisnis Sotong Pangkong dadakan di bulan Ramadan berkembang pesat yang terbukti banyaknya jumlah pedagang dan penggemar kejutan.

Meski dadakan dan hanya punya jatah satu bulan. Bisnis ini sangat menjanjikan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang untuk merayakan Idul Fitri.

Aneka ukuran gerobak dan tatanan tempat duduk para pengunjung, ada lesehan dan ada yang menyediakan kursi. Rata-rata pedagang mulai membuka dagangan Sotong Pangkongnya usai berbuka puasa sampai dini hari.

Suasana lesehan tepi jalan, tentu mengingatkan kita pada satu jalan di kota gudeg Jogjakarta, Malioboro. Beda tipis antara Malioboro dan Merdeka.


Penulis : Ponti Ana Banjaria

Editor : Marlen Sitinjak

Sumber :




No comments:

Post a Comment

Arsip Blog